Bimtek PP/PKB Bagi Perusahaan dan Pekerja

Pangkalpinang, Dalam rangka melindungi para pekerja terhadap tingkat kesejahteraan dan jaminan hari tua, Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Pemprov (Pemerintah Provinsi) Kepulauan Bangka Belitung (Kep Babel) menghadirkan 30 personil untuk mendapatkan bimbingan teknis berkenaan dengan pembuatan Peraturan Perusahaan (PP) dan perjanjian kerja bersama (PKB) kepada beberapa perwakilan perusahaan dan perwakilan pekerja, di wilayah Babel di Hotel Bumi Asih, 14-16 Juli 2016.

Menurut Kepala Disnakertrans Babel, Didik Suprapto, “PP dan PKB merupakan aturan tertulis bagi perusahaan, berisi hak dan kewajiban normatif para pekerja dan pengusaha “.

“Hak dan kewajiban pekerja dan pengusaha yang tertera pada PP/PKB pada dasarnya bersifat melengkapi dari Undang-Undang/Peraturan Pemerintah/Permen, dengan demikian dalam pembuatan PP/PKB harus singkat, padat, jelas dengan tidak bertentangan dengan ke-3 aturan tersebut, “ujar Didik S.

“Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pekerja jika perusahaan tersebut memiliki PP/PKB sebab dapat meminimalisasikan terjadinya tindakan yang merugikan para pekerja, dengan demikian para pekerja dituntut untuk lebih cerdas dalam mencermati isi PP/PKB suatu perusahaan sebelum menandatangani, lanjut nya.

“Dengan pelaksanaan pelatihan pembuatan PP/PKB yang dipandu oleh Apindo, Disnakertrans dan Mediator bagi pihak manajemen dan para pekerja ini, diharapkan dapat memberikan aturan yang jelas bagi kedua pihak, tegas nya menutup arahan singkat.(js)

Sumber: 
Disnakertrans Pemprov Kep Babel
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Jeffrin PHM Siregar
Editor: 
Jeffrin PHM Siregar
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Hubungan Industrial.