Disnakertrans Babel Berperan Serta dalam Olahraga

Pangkalpinang, Berkenaan dengan kebugaran seluruh jajaran PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkup Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seluruh personil melaksanakan senam pagi/senam bersama di halaman kantor Gubernur Babel, Jumat, 12 Februari 2016. Hadir dalam pelaksanaan senam kebugaran tersebut seluruh  SKPD Pemprov Babel .

Menurut Sekretaris Disnakertrans Bangaka Belitung, Bustani, S.IP, menanggapi berkenaan dengan olahraga, Dewasa ini, sudah menjadi pemahaman umum bahwa olahraga itu menjadi suatu hal yang penting, Walaupun sudah banyak orang yang mulai menyadari dan bahkan sudah merasakan betul manfaat ketika berolahraga di pagi hari. Namun faktanya tetap saja masih ada yang malas untuk berolahraga di pagi hari padahal manfaat olaraga pagi hari sangat vital perannya.

Sebab olahraga itu menyehatkan karena mampu membakar kalori serta menyehatkan jantung. Padahal lebih dari itu, masih banyak manfaat yang belum kita ketahui. Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk menemukan berbagai manfaat ketika melakukan olahraga di pagi hari, imbuh Bustani, S.IP.

Penjelasan  sekretaris Dsnakertrans Bangka Belitung berkenaan  manfaat olahraga pagi diantaranya,

1. Meningkatkan kecerdasan Otak

Bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang tinggi karena berkenaan dengan kondisi stamina yang meningkat.

2 Menguatkan Sistem kekebalan tubuh

Dengan berolahraga pagi maka  bisa merasakan hangatnya sinar matahari pagi yang memiliki kandungan vitamin D yang selain baik untuk kesehatan tulang, juga baik untuk system kekebalan tubuh kita. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari di dalam tubuh diolah menjadi antibodi yang berguna untuk penangkal penyakit.

3. Menghilangkan rasa sakit kepala

Karena neurotransmitter (sistem saraf) otak akan terganggu jika kita tidur terlalu lama. Selanjutnya yang terjadi adalah meningkatnya hormon seratonin yang dapat membuat kepala menjadi terasa pusing.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

dengan latihan treadmill dan jogging di pagi hari mampu meningkatkan kekuatan otak dan membuat otot lebih tahan terhadap kelelahan, yang juga membuat kita terhindar dari penyakit Alzheimer.

 5. Menyehatkan jantung

Dengan meningkatnya hormone adrenalin saat berolahraga pagi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, hal itu baik untuk menjaga fungsi jantung.

6. Memperlambat penuaan

Dengan berolahraga maka metabolisma tubuh kita akan meningkat. Pertumbuhan sel-sel baru akan lebih cepat dan sel-sel tua akan mati dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan saat berolahraga.

7. Terhindar dari resiko obesitas

bahwa saat olahraga pagi tubuh mengeluarkan hormone endorphin yang mampu mengurangi nafsu makan.

8. Bersemangat sepanjang hari

Akan  melepaskan hormon yang membuat kita merasa senang, seperti hormone endorfin yang mampu meningkatkan mood dan energy kita, kondisi tersebut dapat berlangsung dari pagi hingga sore hari selama kita beraktivitas.

9. Terhindar dari stress

dapat meningkatkan kenyamanan kita untukberkomunikasi dengan anggota keluarga, teman hingga pasangan yang hal tersebut bisa menghindarkan orang tersebut menjadi stres.

10. Membantu membentuk tubuh ideal

aktivitas fisik di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kita melepaskan hormon endorfin, yang bisa membuat kita memilih menu makanan yang lebih sehat, dengan begitu sangat mendukung kita yang sedang menjalani program diet.

11. Baik bagi penderita diabetes

berolahraga pagi bisa menurunkan kadar glukosa.

12. Memperbaiki kualitas tidur

jika orang yang rutin olahraga di pagi hari sebelum bekerja akan tidur lebih lelap sepanjang malam.

13. Menjaga ritme untuk tetap produktif

mengatur kestabilan ritme jam biologis yang di setting di dalam otak kita. Jika jam biologis kita stabil, ritme kinerja tubuh kita juga akan tetap harmonis, dengan begitu produktifitas kerja kita akan berjalan lancar.

14. Meningkatkan rasa percaya diri

organ paru-paru kita menerima asupan udara yang segar dan bersih yang nantinya akan diikat di dalam darah. Lebih banyak oksigen dalam darah kitaakan  merangsang otak yang membantu untuk menjaga kesehatan mental, mampu menyegarkan pikiran dan tubuh kita, dengan begitu rasa percaya diri kita akan senantiasa meningkat ketika kita beraktivitas sepanjang hari.

Sebagai hal terakhir menurut , Bustani, S.IP. fungsi olah raga yakni daya Konsentrasi meningkat, mampu meningkatkan kekuatan otak sehingga kita lebih mudah berkonsentrasi. Dengan meningkatnya daya konsentrasi kita akan membantu kita lebih waspada dan focus dalam menjalankan aktivitas kita yang padat, ujar Sekretaris Disnakertrans Bangka Belitung, disela-sela selesai olahraga. (js)

Sumber: 
Humas Disnakertrans (js)
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Jeffrin PHM Siregar
Editor: 
Jeffrin PHM Siregar
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Dinas