LIPI Bogor Perkenalkan Pupuk Cair dan Kompos

Sungailiat, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Kep Babel) bekerjasama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Bogor mengadakan pelatihan bagi para kelompok Tani di Desa Ari Ruay-Kecamatan Sungailiat-Kabupaten Bangka berkenaan dengan pembuatan Pupuk Organik Hayati (POH) Starmik Beyonik, (09/02/2017).

Selaku narasumber dari LIPI, Dr.Sarjiya Antonius menyebutkan,” POH Starmik Beyonik merupakan pupuk bersifat larutan cair yang terdiri dari banyak elemen unsur diantaranya N,P,K dan lain sebagainya sebagai elemen dasar sebagai zat bagi pertumbuhan akar, barang, daun dan bakal buah untuk pertumbuhan tanaman,”.

“Sedangkan bahan baku utama dasar dari POH mudah di dapat disekitar lingkungan seperti, kecamba, gula aren, rumput laut, telur, jagung, kulit padi dan beberapa bahan lainnya yang kesemua bahan tersebut di extrak untuk kemudian di beri “Starter”(sebagai biang pupuk) di masukan kedalam sebuah tabung khusus yang diberi udara,”jelas Anton.

“untuk kemudian larutan dibiarkan selama 15 (lima belas) hari dan baru dapat dipergunakan secara massal dengan takaran 1:100,”imbuh Anto.

“Jumlah perbandingan yang besar tersebut disebabkan karena kandungan gizi yang berada dalam larutan terebut memiliki kadar humus yang tinggi,”papar nya.

Lanjut nya“Penggunaan POH telah dibuktikan oleh LIPI dan memiliki hak Paten, sebab dengan penggunaan POH dapat meningkatkan nilai kesuburan pada tanah secara alami tanpa zat kimia, bahkan untuk jumlah perbandingan nilai produksi panen pertanian dapat meningkat hingga 30%,”.

Kemudian jelas Entis Sutisna, SP menjelaskan ,”Dalam kesempatan tersebut, tidak hanya POH yang diperkenalkan kepada kelompok petani melainkan di berikan materi berkenaan Pupuk Kompos yang bahan dasarnya terdiri dari dedaunan yang ada disekitar kita,”.

Dengan pembekalan yang diberikan tersebut diharapkan,”kelompok tani Desa Air Ruay-Kecamatan Sungailiat dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian mererka secara berkala dengan demikian dapat pula meningkatkan income keluarga dan mensukseskan program pemerintah berkenaan dengan swasembada pangan  nasional,” tutup Anton.(js)

Sumber: 
Dinas Tenaga Kerja Pemprov Kep.Babel
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Jeffrin PHM Siregar
Editor: 
Jeffrin PHM Siregar
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Pentaker Pemprov Kep.Babel

Berita

Kadisnaker Babel,Didik Suprapto
28/12/2017 | dinas tenaga kerja Pemp...
Penghargaan Paramakarya Bagi Pemerintah Prov Babel
22/12/2017 | BPPD Pemprov Kep Babel...
30/10/2017 | Disnaker Pemprov Kep Ba...
Pembukaan Pelaksanaan Pelatihan Kejuruan Angkatan III Tahun 2017
28/09/2017 | Dinas Tenaga Kerja Pemp...
Penutupan Pelatihan Angkatam III di Tahun 2017
31/08/2017 | Disnaker Pemprov Ke Bab...
Pertemuan Rutin Bulanan
25/08/2017 | Disnaker babel
05/04/2017 | BLKI Disnakertrans Pemp...
05/04/2017 | BPJS Ketenagakerjaan...
Pertemuan Bulanan DWP Disnaker Pemprov Kep Babel
04/04/2017 | Dinas Tenaga Kerja Pemp...