LKS Tripartit Babel

Pangkalpinang, Menyikapi berkenaan dengan permasalahan ketenagakerjaan yang berkembang di wilayah Bangka Belitung (Babel), Lembaga Kerja Sama Tripartit melakukan konsolidasi lanjutan untuk mengumpulkan informasi aktual yang dilaksanakan di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disnakertrans Pemprov Kep Babel), Rabu 14 September 2016.

Dalam pertemuan LKS Tripartit tersebut beberapa perwakilan dari unsur Apindo (WFM Nasution), Serikat Pekerja (Darusman Usman) dan  unsur pemerintah (Disnakertrans Pemprov Kep Babel) mengumpulkan dan menyampaikan informasi terkini untuk kemudian diselesaikan sesuai nilai urgensitas.

Selaku sebagai sekretaris di LKS Tripartit, Disnakertrans Pemprov Kep Babel yang diwakili oleh Kabid Hubungan Industrial, Cikmas Zuhdi menyampaikan ,” pertemuan yang diselenggarakan tersebut merupakan aktfitas rutin antara asosiasi pengusaha (Apindo), serikat pekerja (SP) dan unsur pemerintah sebagai bentuk upaya dari kegiatan Tripartit untuk mengumpulkan isu yang sedang berkembang dan mencari solusi konkrit ,”.

Sementara dari perwakilan SP Wilayah Babel, Darusman Usman mengatakan, “akhir-akhir ini terdapat keluhan dari buruh atau pekerja dari beberapa perusahaan menyangkut pemutusan hubungan kerja sepihak oleh manajemen perusahaan, baik dari industri perkebunan, pelayanan masyarakat, dan hotel,”.

Dalam hal ini “Para pekerja atau buruh yang mengalami pemutusan kerja sepihak meminta dan memohon bantuan dari LKS Tripartit untuk memberikan solusi konkrit berkenaan dengan masalah yang mereka hadapi, “tegas Darusman.

“Permasalahan yang dihadapi oleh pihak  para pekerja dan para pekerja kiranya dapat diselesaikan dengan penyelesaian damai sesuai nilai urgensitasnya, “lanjut Ketua SPSI Babel.

Diakhir pertemuan yang terbatas tersebut, Cikmas Zuhdi berharap,”Dengan diadakan pertemuan rutin dan berkala oleh LKS Tripartit kiranya masalah berkenaan dengan ketenagakerjaan antara pengusaha dan para pekerja dapat terselesaikan dengan cara damai kondusif,” tutup nya.(js) 

Sumber: 
Disnakertrans Pemprov Kep Babel
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Jeffrin PHM Siregar
Editor: 
Jeffrin PHM Siregar
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Hubungan Industrial.