Mediasi PT.WEM Dengan Suyono

Pangkalpinang, Berkenaan dilakukannya pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak yang dilakukan oleh PT.WEM yang bergerak dalam bidang pertanian terhadap saudara Suyono, mediator dari Disnakertrans Pemprov Kep Babel mengundang pihak manajemen PT.WEM untuk hadir dalam mediasi tersebut beberapa waktu lalu (31/10/2016).

Mediasi yang dilakukan dilakukan adalah untuk II (kedua kalinya) dengan menghadirkan unsur manajemen dari PT.WEM, perwakilan serikat pekerja dan mediator dari pemerintah dengan mengundang saudara Suyono ( dengan masa kerja terhitung dari tahun 2003-2016),” ujar Hendra Popalia, S.IP., selaku mediator HI pertama.

“Dalam mediasi untuk II kalinya ini tidak menenukan kesepakatan antara saudara Suyono dengan PT.WEM, dengan demikian sebagaimana arahan dari mediator menganjurkan dan berdasarkan masukan dari perwakilan serikat pekerja untuk dibawa ke tahap lanjutan yakni melakukan gugatan ke lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial/pengadilan, sebagaimana UU Nomor 13 pasal 159,” tegas nya.

Sedangkan ,“langkah ke tahap pengadilan tersebut  adalah tahap akhir dari suatu mediasi jika dalam tahap mediasi masih menemukan ketidaksepakatan antara korban PHK dengan pihak manajemen PT.WEM,” ungkap mediator .

“Ketidaksepakatan tersebut di akibatkan PT.WEM tidak melaksanakan UU Nomor 13 Tahun 2003 ayat 156-158, dengan demikian hal ini menjadi pelajaran bagi perusahaan lain untuk benar-benar melakukan UU Nomor 13 tentang Ketenagakerjaan,”ungkap Hendra singkat. (js)

Sumber: 
Hubungan Industrial (HI) Disnakertrans Pemprov Kep Babel
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Jeffrin PHM Siregar
Editor: 
Jeffrin PHM Siregar
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Hubungan Industrial.